Pelatihan E-office dan Website Desa Oleh Diskominfo Kabupaten Ciamis

Sabtu, 02/09/23 Pemerintah Desa Sindangangin bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Ciamis mengadakan Bimtek / Pelatihan E-Office dan Website Desa di Kantor Desa Sindangangin. Pelatihan bertujuan agar para perengkat desa bisa mengoperasikan aplikasi E-Office Desa untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang bebasis digital khusunya dalam hal pelayanan surat-surat, sementara untuk website desa di operasikan oleh Operator Desa yang telah di tunjuk.

E-Office Desa adalah aplikasi terintegrasi untuk Aparatur Desa dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis yang nantinya akan memberikan kemudahan dalam proses menerima surat, mengirim surat, mendisposisi surat, mengarsipkan surat yang bisa dilaksanakan dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet. Sebelum bisa menggunakan E-Office Desa, terlebih dahulu Kepala Desa di haruskan mendaftarkan Tanda Tangan Elektronik ( TTE ) di karenakan Sistem surat di E-Office sudah menggunakan Tanda Tangan Elektronik, melalui Diskominfo para kepala desa mendaftarkan tanda tangan elektronik tersebut. Selain mempermudah pelayanan, masyarakat juga tidak perlu lagi datang ke desa ketika membutuhkan surat surat yang harus di terbitkan oleh desa, dimana pun dan kapan pun masyarakat bisa mendapatkan pelayanan khususnya surat surat melalui aplikasi yang ada di Hp Android, namun memang ada beberapa surat yang belum di layani melalui E-Office.

Website desa atau web desa adalah sebuah situs yang berisikan kumpulan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Adapun Manfaat website untuk desa lainnya yang perlu diketahui adalah menjadi sumber data yang lengkap. Data desa tersebut diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan warga setempat, tersedianya website untuk desa tentunya akan semakin memudahkan warga jika mereka membutuhkan data desa tersebut sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Share Berita